Jumat, 14 Oktober 2016

MENGENAL BEE POLLEN


Selain madu yang dikenal luas khasiatnya oleh masyarakat, produk lebah lainnya adalah bee polen atau serbuk sari lebah juga dipercaya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.  Bee pollen merupakan salah satu sumber makanan bergizi tinggi yang dapat mendukung kesehatan tubuh.  Bee pollen dipercaya memeiliki manfaat bagi kesehatan karena mengandung sejumlah zat penting seperti asam amino, vitamin dan mineral, enzim serta protein, karbohidrat dan lemak.  Bee pollen merupakan gabungan dari serbuk sari tanaman yang dikumpulkan lebah serta nektar dan liur lebah.  Ketiga bahan ini disimpan di dalam kantung pada kaki lebah.  Bee pollen adalah makanan bergizi lengkap sehingg sering disebut super food.  Fitonutrien yang ditemukan pada bee pollen jumlahnya ribuan.  Zat gizi yang termasuk dalam kategori polifenol ini berfungsi sebagai anti oksidan.  Bee pollen mengandung anti oksidan yang paling aktif diantara makanan lainnya.

MENGENAL BEE POLLEN

Bee Pollen berasal dari kata Bee (lebah) dan Pollen (serbuk sari bunga jantan), jadi Bee Pollen berarti Serbuk Sari Bunga Jantan yang diambil oleh lebah dan digunakan sebagai makanan pokok dari seluruh koloni lebah madu.  Istilah yang sering digunakan oleh para peternak untuk Bee Pollen adalah “Roti Lebah”. Proses pengambilan Bee Pollen itu sendiri sangat sederhana. Sewaktu lebah menghisap nektar (bakal madu) dari bunga, serbuk sari bersama nektar dan liur lebah terkumpul kemudian disimpan pada kantung pollen yang terdapat pada kakinya. Bee Pollen adalah unsur reproduksi jantan pada tumbuhan yang berbentuk debu halus yang berwarna kuning keemasan. Pollen terdapat pada benang sari bunga tanaman. Setiap butir pollen mengandung 100.000 hingga 5 juta spora pollen, yang masing-masing memiliki kemampuan untuk bereproduksi sehingga terbentuklah bunga, buah, padi-padian, pohon, dan sebagainya.

NILAI NUTRISI BEE POLLEN

Bee Pollen mengandung zat gizi yaitu: 
  • Zat Hidrat Arang 
  • Protein (dalam bentuk asam amino esensial) 
  • Asam lemak esensial 
  • Vitamin 
  • Mineral 
  • Enzym Hormon-hormon yang dibutuhkan tubuh untuk proses regenerasi sel-sel jaringan.
Dengan komposisi zat gizi yang seperti di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa Bee Pollen sangat cocok sebagai makanan kesehatan terutama yang tujuannya untuk menguatkan sel-sel jaringan tubuh agar tidak mudah rusak akibat proses metabolisme pembakaran yang menghasilkan ENERGI. Bee pollen mengandung sekurangnya 18 asam amino, termasuk 8 di antaranya yang esensial. Selain itu, bee pollen mengandung lebih dari 12 vitamin, 28 mineral, enzim dan koenzim yang tidak terhitung jumlahnya, 14 asam lemak penting, 11 karbohidrat, dan 25%-35% dari beratnya merupakan protein. Pollen mudah dicerna dan sangat kaya akan gizi bagi manusia.

MANFAAT BEE POLLEN

 Karena memiliki khasiat sebagai pembangunan sel, penguat diri, maka kegunaan dari konsumsi Bee Pollen menjadi sangat penting bagi perawatan kesehatan, optimalisasi stamina tubuh (tidak mudah lelah) dan meningkatnya daya tahan tubuh secara keseluruhan, baik terhadap bibit penyakit maupun terhadap tekanan sik dan psikis (kejiwaan). Oleh sebab itu tidaklah berlebihan bila manfaat Bee Pollen bagi individu sehat antara lain:
  • Mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama sel jaringan otak. 
  • Penambahan gizi bagi wanita hamil dan menyusui. 
  • Meningkatkan daya berpikir dan daya konsentrasi baik untuk anak, remaja, usia sekolah dan dewasa. 
  • Meningkatkan stamina tubuh bagi para penggemar olah raga, untuk mencapai prestasi tertinggi.
  • Meningkatkan daya kekebalan tubuh terhadap berbagai serangan bibit penyakit. 
  • Sebagai stabilisator sistem metabolisme tubuh. 
  • Mempertahankan dan memelihara sistem reproduksi baik pria maupun wanita.
 CARA KONSUMSI BEE POLLEN

Bee Pollen dengan segala kandungannya dapat dikonsumsi sebagai nutrisi tambahan atau sebagai bahan atau sumber obat. Sebagai obat bee pollen sering disebut memiliki khasiat mengobati penyakit, seperti asma, alergi, persoalan pencernaan hingga menjaga metabolisme tubuh. Meski demikian, konsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsi bee pollen sangat dianjurkan [2].

EFEK SAMPING BEE POLLEN

Efek Samping Bee Pollen perlu diwaspadai. Kewaspadaan perlu ditingkatkan apabila Anda pertama kali mengkonsumsi makanan ini dan jika anda berniat mengkonsumsi makanan ini dalam jangka waktu yang panjang. Reaksi tubuh berupa alergi merupakan salah satu resiko terbesar yang kerap muncul. Tingginya protein dalam bee pollen memancing reaksi tubuh. Reaksi berupa alergi, seperti pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, rasa gatal yang kuat hingga kulit yang memerah merupakan salah satu resiko atau efek samping konsumsi bee pollen. Sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum konsumsi. Selain itu, konsumsi bee pollen pertama kali baiknya memertimbangkan jumlah pollen yang dimakan. Baiknya, saat pertama kali bee pollen dikonsumsi secara terbatas, seperti seujung sendok makan (bukan penuh).

APAKAN BEE POLLEN AMAN DIKONSUMSI ?

Konsumsi Bee Pollen pada dasarnya aman. Meski demikian konsultasi kepada dokter sangat dianjurkan sebelum konsumsi ini terutama untuk konsumsi jangka panjang. Bee Pollen perlu disadari dapat membangkitkan beberapa reaksi alergi, seperti gangguan pernafasan, gatal dan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Pastikan anda tidak memiliki alergi tertentu apabila mengkonsumsi. Ibu Hamil  sebaiknya menghindari konsumsi makanan ini.  Bee Pollen masuk sebagai salah satu makanan pantangan selama ibu hamil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tambahkan Komentar

Sekolah Lapang Budidaya Ulat Sutera

SEKOLAH LAPANG BUDIDAYA ULAT SUTERA Sekolah Lapang Budidaya Ulat Sutera Sekolah lapang adalah kegiatan proses belajar mengajar deng...